LATAR BELAKANG


Pendidikan merupakan salah satu faktor dalam mengukur tingkat kemajuan suatu bangsa. Indonesia sebagai negara berkembang, saat ini telah memprioritaskan pendidikan bagi masyarakatnya. Sebagian orang memandang bahwa pendidikan dapat membentuk jati diri seseorang serta pendidikan merupakan investasi yang tak ternilai di masa yang akan datang. Investasi ini akan dirasakan masyarakat bukan dalam jangka waktu yang pendek, tetapi akan terasa setelah sepuluh atau dua puluh tahun mendatang. Banyak negara-negara maju karena masyarakatnya mengenyam pendidikan dengan baik. Karena pendidikan itu identik dengan perkembangan zaman, dan persaingan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu pendidikan salah satu faktor dalam menunjang suatu negara untuk terus bisa berkembang dan maju.

Pendidikan di Indonesia ini telah lama mengalami perkembangan dalam segala aspek bidang. Begitupula dengan perundang-undangan yang mengatur tentang sistem pendidikan nasional. Pemerataan pendidikan dan kesempatan dalam memperoleh pendidikan yang diberlakukan untuk seluruh masyarakat Indonesia, dan lapangan pekerjaan yang terbuka bagi mereka yang berpotensi dan mampu bersaing. Tuntutan inilah yang melatarbelakangi bagaimana Pemerintah harus terus membangun pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang memenuhi harapan masyarakat dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman.

Pada prosesnya pendidikan ini memang cenderung mengedepankan pendidikan yang berlangsung disekolah atau pendidikan formal. Sekolah sebagai wadah dalam membentuk karakter peserta didik dan ilmu pengetahuan, menjadikan tolak ukur keberhasilan dalam membangun pendidikan. Dimana, peserta didik dituntut untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Sekolah bermutu dan telah memenuhi standar nasional pendidikan inilah masih harus terus ditingkatkan. Dijelaskan dalam Undang-undang SISDIKNAS No.20 tahun 2003 pada pasal 5 bahwa “setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”,oleh karena itulah kebutuhan akan sekolah yang bermutu di masyarakat saat ini sedang menjadi perhatian bagi para pemerhati pendidikan.

Pendidikan merupakan hal penting yang kita sikapi bersama. Pendidikan merupakan induk semang dari semua bentuk peradaban di muka bumi. Pendidikan merupakan jendela bagi Indonesia untuk  mencapai pulau citanya, yaitu mewujudkan kehidupan adil makmur bagi seluruh rakyatnya. Hal inilah yang melatar belakangi didirikannya Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa.

Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB) merupakan Yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan, baik formal dan non-formal. Yayasan ini berdiri pada tanggal 19 Agustus 2010 berdasarkan Akta Pendirian Yayasan No.26 dengan Notaris Marah Hasyir,SH.

SMA Doa Bangsa merupakan SMA di bawah binaan YPPDB. Tujuan didirikannya SMA ini adalah tak lain mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan visi, misi yaitu membangun manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan fitrahnya yaitu pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bermoral, berbudi pekerti luhur, berahlak mulia, demokratis menjunjung hak asasi manusia, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, memiliki kepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan agar mampu mewujudkan kehidupan bangsa.


News & Event


Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru 2018/2019

Read More