KEMADYAAN


Latar belakang sistem kemadyaan di SMADB

Pembentukan siswa dan siswi yang berkarakter bangsa merupakan salah satu tujuan dari SMA Doa Bangsa dalam menjalankan misi pendidikannya, yakni membangun karakter melalui penerapan nilai-nilai hidup berlandaskan pada kejujuran, keikhlasan dan amanah dengan tujuan terciptanya civitas berkarakter dan berdayasaing global. Upaya dalam pembentukan karakter tersebut diimplementasikan pada system kaderisasi siswa berjenjang, Proses kaderisasi merupakan pembentukan karakter jangka panjang serta optimalisasi potensi pada setiap pribadi manusia.

Jika kita lihat visi SMADB  yaitu menghasilkan siswa/i yang berkarakter & berdaya saing global, maka siswa/I SMADB harus memiliki kemampuan dasar sebagai berikut :

  • Kemampuan dalam mengikuti aturan yang berlaku dimanapun & kapanpun
  • Kemampuan dalam manajemen diri yang tinggi
  • Kemampuan dalam berorganisasi & kepemimpinan
  • Kemampuan menerapkan manajemen strategik dalam melakukan perencanaan, monitoring, dan evaluasi sistem, program, kegiatan, dan/atau manajemen diri.

Ke-empat kemampuan tersebut diberikan oleh SMADB secara tersistematis melalui program kaderisasi madya SMADB

Proses pembangunan karakter pada siswa-siswi di SMA Doa Bangsa itu sendiri diimplementasikan dengan serangkaian kegiatan jenjang kaderisasi dengan tingkat pembentukan karakter pada masing-masing jenjangnya. Siswa dan siswi mendapatkan pendidikan kaderisasi Madya Pratama pada semester awal pendidikan dengan tujuan pembentukan karakter kepatuhan terhadap seluruh program SMA Doa Bangsa, kemudian berlanjut pada tingkat berikutnya yakni kaderisasi Madya Muda dengan tujuan pengukuhan karakter dan manajemen diri yang baik.

Seluruh rangkaian kegiatan pembangunan karakter siswa dan siswi tersebut didampingi oleh tenaga pendidikan SMA Doa Bangsa, sehingga dalam pelaksanaanya didapatkan hasil optimal dengan penerapan metode yang sesuai bagi siswa dan siswi SMA Doa Bangsa. Dengan dilaksanakannya kegiatan Latihan Dasar Pengukuhan Karakter Doa Bangsa (LATDAS PKDB), maka diharapkan SMA Doa Bangsa sebagai salah satu unit pendidikan Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB) dapat mewujudkan tujuan yayasan guna menjadi lembaga yang unggul dalam bidang pendidikan, kemanusiaan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkarakter bangsa.

Tujuan

  • Bentuk implementasi kurikulum umum Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa yaitu kurikulum Madya II dalam hal pengukuhan karakter.
  • Bentuk pembinaan untuk menghasilkan siswa-siswi SMA Doa Bangsa yang berkarakter sesuai dengan visi dan misi SMA Doa Bangsa.

Pengertian sistem kemadyaan SMADB

Sistem kemadyaan SMADB merupakan sistem kaderisasi yang secara tersistematis memberikan pelatihan terhadap kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa-siswi SMADB. Kompetensi tersebut merupakan kemampuan yang dapat mengantarkan siswa-siswi SMADB menjadi pribadi yang berkarakter, unggul, dan berdaya saing global sesuai dengan visi dan misi SMADB. Secara tersistematis, pengukuhan kemampuan tersebut terbagi berdasarkan tingkat kaderisasi sebagai berikut :

  • Madya pratama, kompetensi yang harus dimiikinya adalah kemampuan dalam mengikuti aturan yang berlaku dimanapun & kapanpun
  • Madya muda, kompetensi yang harus dimilikinya adalah kemampuan dalam manajemen diri yang baik.
  • Madya utama, kompetensi yang harus dimilikinya adalah kemampuan dalam memimpin & mengelola organisasi dengan baik
  • Madya adhiyasta, kompetensi yang harus dimilikinya adalah kemampuan menerapkan manajemen strategik dalam melakukan perencanaan, monitoring, dan evaluasi sistem, program, kegiatan, dan/atau manajemen diri.

Dari proses kaderisasi inilah siswa-siswi SMADB diharapkan memiliki 4 kompetensi inti yang sangat dibutuhkan mereka kelak di kemudian hari.

Tahapan Sistem Kaderisasi SMADB

Kaderisasi


News & Event


Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru 2018/2019

Read More