DOA BANGSA CONTROLLING SYSTEM


Doa Bangsa Controlling System adalah sistem yang dibuat oleh SMA Doa Bangsa yang dimaksudkan untuk mengatur guru dan siswa dalam menjalankan tugasnya masing-masing agar lebih terstruktur dan terpantau kinerjanya.

Doa bangsa controling system terbagi menjadi :

  1. Teacher Controlling

Adalah sistem pengaturan kinerja guru agar sesuai dengan tupoksi yang seharusnya.

Assignment Controlling System

Sistem pengaturan tugas agar beban tugas yg diberikan kepada peserta didik tidak melebihi jam belajarnya. Ada 3 jenis ACS :

  • Assignment type A (tugas yg pengerjaannya bisa diselesaikan siswa dlm waktu 2 jam)
  • Assignment type B (tugas yg pengerjaanya membutuhkan waktu 5 jam pengerjaan, misalnya journal praktikum, cliping, dll)
  • Assignment type C (tugas yg pengerjaannya membutuhkan waktu lama 20 jam / bisa di bilang untuk 1 semester, tugas ini seperti membuat makalah/ mini skripsi dari mata pelajaran yang di inginkan siswa yang pengerjaannya di atur oleh guru mata pelajaran yg dipilih siswa)

Performance Controlling

Adalah penilaian kinerja guru dalam hal mengajar dikelas/ saat pembelajaran dilaksanakan, dinilai oleh co-teacher dengan angket yang telah disepakati sebelumnya yang sesuai dengan standar penilaian pendidik. Dimaksudkan untuk menilai apakah penampilan atau cara mengajar guru menarik perhatian/ pembelajaran sampai tidak ke peserta didik.

Administration Controlling

Adalah sistem kontrol untuk administrasi yang harus di lengkapi oleh pendidik diantaranya :

  • PROTA (Program Tahunan)
  • PROMES (Program Semester)
  • RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
  • Kontrak belajar guru dan siswa
  1. Student Controlling

Adalah sistem kontrol bagi siswa agar skill dan attitude siswa terarahkan sesuai dengan visi misi sma doa bangsa.

Performance Controlling

Adalah bentuk penilaian kemampuan siswa dikelas saat KBM berlangsung, berpacu pada angket dan standar penilaian yang sesuai dengan kurikulum SMA doa bangsa dan telah disepakati oleh pihak-pihak terkait dalam rangka peningkatan kemampuan siswa dalam KBM.

Attitude Assignment

Sepertihalnya Performance Controlling, Attitude Assignment adalah bentuk penilaian terhadap sikap siswa sma doa bangsa agar sesuai dengan tujuan , visi dan misi yang ditanamkan di sma doa bangsa. Bentuk penialain berupa angket yang sesuai dengan standar kurikulum dan kesiswaan agar sikap siswa terkontrol dan mampu ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi.

  1. Co-teacher Controlling

Adalah bentuk kontrol / penilaian dari co-teacher (guru pendamping) yang melakukan tugas penilaian-penilaian dan pendampingan guru mata pelajaran agar sesuai dengan tupoksi masing-masing. Penilaian co-teacher dilakukan perorangan dan setiap minggunya dilaporkan ke pihak-pihak terkait di sma doa bangsa agar kinerja penilai mampu ditingkatkan dan sesuai dengan visi misi sma doa bangsa.


News & Event


Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru 2018/2019

Read More